"Welcome to the dejhe world"

Wednesday, April 16, 2014

Sukses Meraih Impian

Setiap orang yang berakal sehat pasti memiliki impian. Dan jika sampai saat ini impian Anda belum terwujud, maka dalam artikel ini Anda akan melihat beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan impian. Upaya-upaya ini telah terbukti untuk diri saya, yang telah mengantarkan saya dari seorang kuli menjadi pendidik, penulis dan trainer.
Apa saja upaya tersebut? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda
1.      Miliki impian yang jelas
Slide2Tahukah Anda mengapa banyak orang sulit mewujudkan impian? Sebabnya sangat sederhana, karena kebanyakan dari mereka tidak memiliki impian yang jelas.  Impian harus jelas, harus dapat Anda visualisasikan dalam pikiran Anda. Seperti apa yang dikatakan oleh Stephen Covey “Begin  With the end in mind” mulailah sesuatu dengan gambaran akhirnya.
Disamping jelas Anda juga harus menuliskan impian Anda. Seperti apa yang dikatakan oleh Harvey Mackay bahwa Tinta yang pudar itu lebih penting dibandingkan dengan ingatan. Hal ini menandakan bahwa menuliskan impian-impian kita pada kertas jauh lebih baik dari pada kita hanya sekedar di simpan di kepada. Dengan menuliskan impian, juga akan memudahkan kita dalam menyusun rencana-rencana atau strategi-strategi untuk mencapainya.
Setelah itu yakini, bahwa impian itu bisa Anda capai. Yakinlah bahwa Tuhan akan mewujudkan impian Anda. Tanpa sebuah keyakinan Anda akan sulit untuk mewujudkan impian Anda.
2.       Miliki rencana
Slide7Mario Teguh mengatakan “Semua kejadian baik dan besar yang kita sebut keberhasilan itu, dicapai dengan menaiki tangga yang dibangun dari penyelesaian-penyelesaian dari rencana-rencana kita”.
Artinya Anda tidak akan pernah bisa menyelesaikan tugas besar Anda dalam meraih impian, jika Anda tidak memiliki rencana-rencana yang disiapkan. Jadi menyusun rencana adalah hal penting. Bukan hanya sekedar rencana, tapi rencana yang memang dipersiapkan dengan matang. Rencana yang disusun secara detail dan masuk akal. Rencana ini terkait dengan tindakan, waktu dan prioritas tindakan yang Anda lakukan.
3.       Take Action
Slide9Kesuksesan tidak akan pernah bisa diraih tanpa sebuah tindakan nyata untuk melakukannya. Dan kebanyakan orang bermasalah di sini. Mungkin mereka memiliki impian, mereka juga memiliki rencana, tapi mereka tidak pernah action. Akhirnya mereka tidak pernah bisa mewujudkan impian mereka.
Mengapa banyak orang tidak melakukan action? Jawabannya sangat sederhana, karena mereka tidak memiliki motivasi yang cukup kuat untuk melakukannya. Mereka tidak memiliki alasan yang cukup mengapa harus melakukan tindakan tersebut. Inilah yang akhirnya membuat diri mereka tidak pernah terdorong untuk mewujudkan rencana-rencana yang sudah dimiliki. Jadi supaya Anda bisa take action, milikilah motivasi diri yang kuat. Tanyakan pada diri Anda mengapa Anda harus mewujudkan impian yang Anda miliki. Temukan alasan terkuat Anda, supaya Anda memiliki dorongan yang kuat untuk menjalankan semua rencana-rencana Anda, sehingga impian Anda bisa terwujud.
4.       Jagalah Fokus
Slide13
Musuh keberhasilan adalah fokus. Kita sering dibuat pusing karena banyak angan yang kita miliki. Sebenarnya itu hal yang wajar, namun jika itu tidak bisa dikendalikan, maka Anda akan kehilangan fokus pada tujuan utama Anda.
Mengapa harus fokus? Karena fokus akan membuat kita memiliki energi lebih menjalankan tindakan atau tugas sekaligus meningkatkan kualitas tugas yang dikerjakan dengan lebih baik. Saya rasa Anda cukup memahami hal ini. Bahkan sebagian dari Anda pernah mengalami bagaimana dampak dari suatu aktivitas yang tidak fokus, saya yakin hasilnya pun tidak semaksimal jika Anda fokus.
5.       Jadilah pejuang yang tangguh 
Slide17
Seorang pemimpi adalah seorang pejuang. Mereka memiliki beberapa karakter yang membuat diri mereka kuat dijalan utama untuk mewujudkan impian.
Pertama, adalah disiplin. Disiplin dalam mencapai tujuan dan disiplin dalam menjalankan aktivitas tindakan sesuatu dengan waktu dan prioritas yang sudah ditetapkan. Kedua, Pantang menyerah. Mereka tidak akan pernah mundur dalam menghadapi setiap hambatan yang ada. Mereka sangat ulet, mereka sangat gigih. Bahkan semakin mereka diuji dan berhasil menghadapi ujian, mereka akan semakin kuat. Ketiga, sabar. Sebuah kesuksesan membutuhkan kesabaran. Siapa yang mampu bersabar maka dialah yang akan menuai hasilnya. Namun bagi yang tidak sabar, mereka tidak akan meraih hasil apa-apa.
6. Iringi setiap usaha dengan doa
Slide21Doa adalah pondasi utama. Manusia merencanakan, tapi Tuhanlah yang mewujudkan. Tidak ada rahasia khusus dalam berdoa. Hanya ada tiga syarat dalam doa yang penting untuk kita pahami. Yaitu datang, rendahkan diri dan meminta.





Demikianlah upaya-upaya yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan impian. “semua impian Anda bisa menjadi kenyataan jika Anda memiliki keberanian untuk mengejar mereka” (Walt Disney)

No comments:

Post a Comment