"Welcome to the dejhe world"

Thursday, April 17, 2014

4 Tips Sederhana Bagaimana Mengelola Waktu

1.       Menetapkan tujuan Pribadi
Tujuan atau visi adalah manifestasi dari kecerdasan intelektual Anda. Ini akan membantu Anda untuk mengatur waktu dan sumber daya sehingga Anda dapat membuat hidup Anda lebih bersemangat.  Tujuan yang benar-benar jelas juga dapat menjadi pengukur atas kemajuan diri Anda. Disamping itu Anda juga akan jauh lebih percaya diri dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan.
2.       Membuat daftar kegiatan
Banyak orang menganggap membuat daftar kegiatan itu tidak penting. Mereka sering bilang begini “yang penting dikerjakan saja yang di depan mata”.  Apa pun alasan mereka, itu sah-sah saja. Tapi bagi Anda yang ingin hidupnya lebih produktif, memiliki daftar kegiatan yang dilakukan sehari-hari adalah hal yang penting. Hal ini akan membantu Anda dalam menyusun rencana-rencana strategi dalam menjalankan setiap kegiatan yang Anda lakukan. Selain itu Anda juga akan mampu menyusun skala prioritas dengan baik.
3.       Membuat skala prioritas
Memprioritaskan apa yang perlu kita lakukan sangat penting. Tanpa itu, kerja keras yang kita lakukan tidak akan mencapai hasil yang kita inginkan. Karena apa apa yang Anda kerjakan bukanlah kegiatan-kegiatan yang strategis.
Banyak orang mungkin sudah memiliki daftar kegiatan. Namun masalahnya apa yang ditulis hanya berupa kumpulan hal-hal yang perlu dilakukan. Sangat jarang seseorang menyertakan alasan kenapa kegiatan itu dilakukan.  Sehingga apa yang dilakukan kurang memiliki dampak yang benar-benar besar pada kehidupan dirinya.
 4.       Membuat jadwal
Setelah kita memiliki tujuan yang jelas, memiliki skala prioritas pekerjaan, maka hal yang tak kalah penting lainnya adalah melakukan penjadwalan efektif untuk kegiatan kita. Hal ini penting supaya kita tetap fokus pada tujuan dan prioritas yang telah ditetapkan. Selain itu hal ini juga akan menghindarkan diri kita dari stres.
Dengan memiliki jadwal yang mencerminkan prioritas dan tujuan yang telah ditetapkan, kita dapat mengontrol waktu kita dan menjadikan kehidupan menjadi lebih seimbang.

No comments:

Post a Comment