"Welcome to the dejhe world"

Wednesday, April 9, 2014

5 Jurus Usaha Sampingan Menggiurkan



Dewasa ini banyak masyarakat yang mulai mencari berbagai ide dan cara untuk menemukan usaha sampingan yang bisa menjadi kegiatan disela-sela bisnis utama maupun pekerjaan tetap mereka. Terkadang ada yang mudah, namun ada juga yang sepertinya sulit sekali menemukan sumber informasinya. Jika sudah menemukan ide usaha malah terkadang modal dan kendala lainnya muncul, hadeh..

Melalui tulisan kali ini saya mencoba memberikan sedikit tips dan list beberapa daftar peluang usaha sampingan yang bisa diambil dan dimanfaatkan. Namun semua kembali lagi bahwa semua ide bisnis yang ditemukan terkadang mempunyai banyak kendala, nah kuncinya bagaimana kita meminimalisir atau menghilangkan kendala tersebut. Tetep semangat ya .. :)

Daftar usaha sampingan dibawah ini sekiranya bisa menjadi inspirasi buat Anda.
  1. Peluang Bisnis Mainan Anak. Seperti diulas diartikel sebelumnya bahwa ide bisnis ini merupakan salah satu usaha yang menjanjikan mengingat anak-anak mempunyai dunianya sendiri. Selagi ada anak-anak maka dunia mereka tidak telepas dari yang namanya mainan. Oleh karena itu kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mengais rejeki tambahan. Anda bisa berbelanja di produsen mainan anak dan bisa anda jual dirumah dengan desain ruangan seperti toko mainan atau bisa menyewa ruko untuk memasarkannya. Apabila memungkinkan, memiliki karyawanpun juga bisa, bila memiliki karyawan khusus untuk memasarkan mainan anak di sekolah-sekolah maka hal ini lebih efektif lagi karena sistemnya jemput bola. Pada intinya ini bisa menjadi peluang bisnis usaha yang cukup menjanjikan. Silahkan baca di artikel sebelumnya yang khusus membahas usaha mainan anak-anak ini.
  2. Bisnis Online. Tentu saja yang namanya bisnis online sudah bisa ditebak dari awal bahwa bisnis yang satu ini bisa dikerjakan kapan saja dimana saja selagi ada koneksi internet. Bisnis online disini bisa real bisnis online atau memanfaatkan internet untuk memasarkan sebuah produk offline yang anda jual. Bisnis online real seperti anda bergabung di afiliasi amazon, Google adsense, bisnis pay per klik lokal lainnya seperti idblognetwork dan lainnya. Anda tinggal membuat blog, iklankan blog tersebut di sosial media serta di forum-forum serta iklan baris, intinya supaya blog atau website milik anda dikunjungi banyak orang sehingga anda bisa meraup rupiah/dollar dari bisnis yang satu ini. Untuk detailnya insyaAllah kedepan akan saya ulas lebih lengkap. Selian itu anda bisa mencari produsen poduk tertentu dan dipasarkan secara online memalui sosial media facebook, twitter, google plus, dan forum jual beli serta web jual beli online lainnya seperti tokobagus dll.
  3. Usaha Sampingan Agen Koran/Majalah.  Anda sering membeli koran atau majalah? jika sering membelinya, kenapa anda tidak berusaha menjadi penjualnya? Nah ini merupakan salah satu ide peluang usaha yang cukup bagus juga. Koran dan majalah saya rasa akan teteap eksis walaupun internet sudah merajalela kemana-mana :). Langkah apa yang bisa dilakukan diawal? Silahkan hubungi media yang akan anda jadikan distributor anda, daftarkan diri anda disana sebagai agen mereka dengan cara menghubungi bagian pemasarannya. Selain itu carilah tempat yang strategis terutama dipinggir jalan. Resep yang cukup membantu anda adalah sebaiknya merekrut karyawan, supaya tidak mengganggu pekerjaan utama anda, bisa menjual secara direct selling ke perumahan atau tempat-tempat strategis semisal kos-kosan mahasiswa. Tawarkan diskon juga untuk majalah edisi bulan sebelumnya. Lalu anda bisa menambahkan nilai tambah dengan memberikan gratis pulsa 5000 kepada pelanggan dalam kurun waktu tertentu ketika pelanggan melakukan transaksi atau berlangganan lebih dari dua majalah atau koran dalam beberapa bulan (metode ini ada di artikel lainnya dalam blog ini, memberikan pulsa kepada pelanggan, idenya saja mungkin yang bisa diterapkan disini).
  4. Bisnis Desain Grafis. Jika anda memiliki kemampuan untuk mendesain silahkan anda buka jasa tersebut. Iklankan di media sosial brosur dan bahkan iklan baris di koran lokal. Tawarkan diskon dan desain tambahan. Sasarlah ke beberpa warung makan atau cafe-cafe yang memerlukan desain menu makanan atau lainya. Bisnis ini masih terbuka lebar dan cocok sebagai usaha sampingan disela sela kegiatan anda. Jika anda tidak mampu melakukannya sendiri maka anda bisa saja merekrut para ahli desain grafis. Bisa anda gaji perbulan atau kerjasama per project (disini anda harus pintar dalam strategi marketing supaya order berlimpah).
  5. Bisnis Usaha Les Privat. Seperti di artikel sebelumnya yang sudah pernah diulas bahwa bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang insyaAllah akan terus berkembang saat ini dan dimasa yang akan datang. Apabila anda memiliki kemampuan disalah satu bidang tetentu misal bahasa inggris, matematika atau bidang lainnya misal memasak, maka anda bisa memberikan les privat bagi yang membutuhkan. Jika anda tidak bisa melakukannya sendiri maka anda bisa merekrut yang ahli dibidangnya. Promosikan dengan membuat brosur atau iklan baris dikoran juga bisa melalui sosial media. Jika ada kemauan dan kreatifitas saya rasa hal ini akan sangat dimungkinkan.
Itulah 5 daftar usaha sampingan yang bisa anda pertimbangkan dan ambil. Persiapan yang matang mulai dari sumber daya manusia dan juga bahan baku serta peralatan perlu dipersiapkan dari awal. Anda tentunya perlu modal disini, namun saya rasa dari kelima jenis usaha tersebut diatas, modal bisa disiasati dan tidak begitu besar. Jika anda perlu investor maka carilah investor untuk bisa diajak kerjasama. Silahkan pertimbangkan baik-baik peluang bisnis ini. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment