Anda bingung
untuk membuka usaha apa dengan modal yang kecil namun dapat menghasilkan
keuntungan yang besar. tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk membuka usaha
/ bisnis cafe. Bisnis café bisa dilakukan oleh siapa saja. Dari remaja,
mahasiswa, pekerja kantoran, maupun pesohor. Ada juga remaja yang telah sukses
membuka bisnis café mini di Surabaya dengan omzet ratusan juta perbulan,
padahal remaja tersebut masih duduk di bangku SMA yaitu Riyadh Ramadhan dengan
merk Go Crunz. Bahkan seorang Lionel Messi (pemain bola bacelona) pada akhir
tahun ini berencana akan mebuka café dengan merk café messi di seluruh penjuru
spanyol. Kenapa ya? Banyak orang buka bisnis café? Mungkin jawabannya bisnis café
sangat menguntungkan jika di kelola dengan baik dan benar.
Mebuka
bisnis café, bisa dibilang gampang-gampang susah. Agar supaya bisnis café kita
bertahan lama atau tidak mengalami kebangkrutan berikut beberap tips untuk
membuka bisnis Café.
TIPS MEMBUKA BISNIS CAFÉ
1. Sebelum membuka bisnis café terlebih
dahulu kenali lingkungan di sekitar kita atau kata lain lakukanlah survey untuk
menentukan target market cafem kita . Apakah disekitar kita banyak
komunitas-komunitas atau kawanan anak nongkrong yang bisa kita jadikan target
café kita. Komunitas – komunitas yang bisa dijadikan target antara lain,
komunitas seni, komunitas musik, komunitas pencinta buku, komunitas sepeda,
komunitas motor, bahkan komunitas mobil dan sebagainya.
2. Setelah mendapatkan target market
selanjutnya, kita sesuaikan desain café yang akan dirintis sesuai dengan
komunitas yang dibidik. Misalnya apabila kita menargetkan komunitas musik maka
tambahkan ornament pada desain atau pajangan yang berhubungan dengan musik,
atau target kita para pencinta buku maka, sediakan beberapa buku yang menarik
pagi konsumen yang datang ke café anda.
3. Lokasi usaha Café yang strategis. Lokasi
yang strategis biasanya dekat dengan perkantoran, perguruan tinggi, sekolah
serta tengah kota. Lokasi yang strategis sangat menentukan keberlanjutan usaha
kita.
4. Untuk membuka bisnis café dibutuhkan modal
yang bervariasi. Jika tidak mempunyai modal yang cukup besar, maka bisa gunakan
modal yang ada untuk membuka sebuah mini café. Sebuah mini café, apabila
dikelola dengan manajemen yang baik, bisa juga mendatangkan keuntungan yang
luar biasa.
STRATEGI AGAR CAFÉ SELALU RAMAI
PENGUNJUNG
Keberlangsungan
sebuah bisnis, terlebih bisnis café adalah ramainya pengunjung yang datang ke
tempat kita. Apa saja strategi yang dibutuhkan agar bisnis café kita tetap
ramai dikunjungi konsumen, berikut beberapa strateginya :
1. Agar konsumen betah dan kembali lagi ke
tempt kita usahakan berikan suasana café yang tenang dan nyaman, pelayanan yang
ramah. Bahkan sesekali kita sebagai pemilik dapat langsung berinteraksi dengan
konsumen untuk menanyakan apa saja keluhannya pada café kita. Kesadaran seperti
ini akan menumbuhkan ikatan emosional yang erat. Dengan keramahan dan
kenyamanan yang diberikan merupakan nilai tambah membuat konsumen akan kembali lagi
ke tempat kita.
2. Café biasanya adalah tempat orang
bersantai, bertemu klien, berkumpul dengan sahabat, berkumpul dengan keluarga.
Ciptakan suasana yang asik di café anda dengan memutar musik. Yang perlu
diperhatikan adalah music yang diputar disesuaikan dengan umur pelanggan anda.
Jika pelanggan anda remaja, bisa memutar lagi Pop atau rock, dan jika pelanggan
anda kebanyakan orang dewasa atau tua bisa memutarkan lagu jazz dan sebagainya.
Untuk menarik konsumen bisa juga sesekali anda mengadakan live performance
musik serta melibatkan konsumen untuk bernyanyi. Kegiatan- kegiatan seperti ini
biasanya banyak menarik konsumen.
3. Konsumen biasanya akan kembali lagi ke café
kita karena makanan atau minumannya yang enak. Usahakan café kita menyajikan
suatu makanan atau minuman yang unik yang menjadi cirri khas dan pembeda dengan
pesaing kita. Makanan dan minuman yang unik serta enak biasanya diburu oleh
konsumen.
4. Berikanlah diskon atau potongan harga.
Untuk menarik konsumen salah satu strategi jitu adalah memberikan diskon pada
konsumen. Misalnya pada saat konsumen merayakan hari ulang tahun di café kita
atau konsumen mengadakan pertemuan komunitas di café kita maka kita berikan
diskon. Diskon pada moment –moment tersebut biasanya cukup menarik pelanggan.
5. Cara lain untuk menarik pelanggan yaitu,
bisa melalui promosi, baik di koran harian, spanduk, selebaran atau
memanfaatkan teknologi informasi sekarang yaiut melalui facebook, Blackberry,
Twitter atau sarana promosi lainnya. Dengan promosi yang dikemas dengan baik
maka akan menimbulkan ketertarikan pelanggan untuk mencoba bisnis café kita.
Selamat mencoba. Semoga sukses…
No comments:
Post a Comment