"Welcome to the dejhe world"

Saturday, March 1, 2014

Sejarah Morning Glory Cafe

Sejarah
1.       Gambaran bisnis diawal bagaimana (what)
Kafe dari bahasa Perancis café. Arti secara harafiah adalah (minuman) kopi, tetapi kemudian menjadi tempat di mana seseorang bisa minum-minum, tidak hanya kopi, tetapi juga minuman lainnya termasuk minuman yang beralkhohol rendah.
Di Indonesia, kafe berarti semacam tempat sederhana, tetapi cukup menarik di mana seseorang bisa makan makanan ringan. Dengan ini kafe berbeda dengan warung.

2.       Latar belakang (why)
Ketika saya di Indonesia, saat saya meminum kopi, saya selalu merasakan keluhan sakit perut dan sakit kepala bahkan sampai saya tidak bisa melakukan apa-apa. Namun saat saya bertugas ke luar negeri saya sering meminum kopi dan saya tidak merasakan keluhan apapun, saya pun merasa heran dan mencari tahu apa penyebab nya dengan mempelajari mengenai kopi di Australia dan Italia. Ternyata penyebabnya adalah saya alergi terhadap robusta. Saya pun memiliki ide untuk membuat café kopi, dan jadilah Morning Glory Café.

3.       When
Morning Glory Café, yang berdiri sejak tahun 2005 sampai sekarang.

4.       Who... siapa pendiri
Pendirinya saya sendiri ,
biodata pendiri:
Nama                                    : Natanael Charis
TT                                           : Bandung, 14 Juni 1970
Alamat                                 : Setrasari Mall kav C2/13, Bandung
Karier                                    : 1988-1995        =              Programmer
1989-1993         =                Guru Komputer
1991-2004         =                Fotografer
2005-sekarang  =              Wirausaha
5.       Where
Bapak Natanael mulai membangun usaha kopinya sejak tahun 2005 yang bertempat di Setrasari Mall kav C2/31 dengan nama Morning Glory Café. Seriring dengan berjalannya waktu bapak Natanel pun kemudian membuka cabang dari Morning Glory Cafe di setiabudi, rest area 97 km dan memiliki office di paskal hyper square. Morning Glory Café ini memiliki kebun kopinya sendiri di Pangalengan dan Lembang. Dan hingga saat ini Morning Glory Café telah memiliki >60 pegawai. Untuk memperluas usaha kopinya beliau berencana untuk membuka cabangnya di Senayan dan di luar negeri seperti Singapore dan negara tetangga lainnya.
  
7.       How
Saya melakukan pendekatan personal dengan customer dan selalu menekankan pada para pegawai agar mereka selalu ramah dalam melayani customer, karena yang paling penting bagi saya adalah kenyamanan bagi customer. Saya pun memiliki prinsip bahwa jika kita ingin melakukan sesuatu hal atau membangun suatu bisnis, yang paling utama adalah fokus dan suka. Jadi ketika kita melakukan sesuatu hal, kita harus fokus pada hal tersebut dan yang paling penting dalam menjalankan sesuatu hal itu adalah kita harus menyukai hal yang kita jalani tersebut. Karena bila kita ingin membangun suatu bisnis, namun kita tidak menyukai bisnis tersebut maka kita tidak akan enjoy dalam menjalaninya , sehingga bisnis tersebut tidak akan berkembang.

8.       Modal
Modal awal yang saya butuhkan untuk membangun bisnis ini, kira-kira kurang lebih 150 juta.

No comments:

Post a Comment