Sejarah
1. Gambaran
bisnis diawal bagaimana (what)
Kafe dari bahasa Perancis café. Arti secara harafiah adalah (minuman)
kopi, tetapi kemudian menjadi tempat di mana seseorang bisa minum-minum, tidak
hanya kopi, tetapi juga minuman lainnya termasuk minuman yang beralkhohol
rendah.
Di Indonesia, kafe berarti semacam tempat sederhana, tetapi cukup
menarik di mana seseorang bisa makan makanan ringan. Dengan ini kafe berbeda
dengan warung.
2.
Latar belakang (why)
Ketika saya di Indonesia, saat saya meminum kopi, saya selalu merasakan
keluhan sakit perut dan sakit kepala bahkan sampai saya tidak bisa melakukan
apa-apa. Namun saat saya bertugas ke luar negeri saya sering meminum kopi dan
saya tidak merasakan keluhan apapun, saya pun merasa heran dan mencari tahu apa
penyebab nya dengan mempelajari mengenai kopi di Australia dan Italia. Ternyata
penyebabnya adalah saya alergi terhadap robusta. Saya pun memiliki ide untuk
membuat café kopi, dan jadilah Morning Glory Café.
3.
When
Morning Glory Café, yang berdiri sejak tahun 2005 sampai sekarang.
4.
Who... siapa pendiri
Pendirinya saya sendiri ,
biodata pendiri:
Nama :
Natanael Charis
TT
: Bandung, 14 Juni 1970
Alamat :
Setrasari Mall kav C2/13, Bandung
Karier
: 1988-1995 = Programmer
1989-1993 = Guru
Komputer
1991-2004
= Fotografer
2005-sekarang =
Wirausaha
5.
Where
Bapak Natanael mulai membangun usaha kopinya sejak tahun 2005 yang
bertempat di Setrasari Mall kav C2/31 dengan nama Morning Glory Café. Seriring
dengan berjalannya waktu bapak Natanel pun kemudian membuka cabang dari Morning
Glory Cafe di setiabudi, rest area 97 km dan memiliki office di paskal hyper
square. Morning Glory Café ini memiliki kebun kopinya sendiri di Pangalengan
dan Lembang. Dan hingga saat ini Morning Glory Café telah memiliki >60
pegawai. Untuk memperluas usaha kopinya beliau berencana untuk membuka
cabangnya di Senayan dan di luar negeri seperti Singapore dan negara tetangga
lainnya.
7.
How
Saya melakukan pendekatan personal dengan customer dan selalu menekankan
pada para pegawai agar mereka selalu ramah dalam melayani customer, karena yang
paling penting bagi saya adalah kenyamanan bagi customer. Saya pun memiliki
prinsip bahwa jika kita ingin melakukan sesuatu hal atau membangun suatu
bisnis, yang paling utama adalah fokus dan suka. Jadi ketika kita melakukan
sesuatu hal, kita harus fokus pada hal tersebut dan yang paling penting dalam
menjalankan sesuatu hal itu adalah kita harus menyukai hal yang kita jalani
tersebut. Karena bila kita ingin membangun suatu bisnis, namun kita tidak
menyukai bisnis tersebut maka kita tidak akan enjoy dalam menjalaninya ,
sehingga bisnis tersebut tidak akan berkembang.
8.
Modal
Modal
awal yang saya butuhkan untuk membangun bisnis ini, kira-kira kurang lebih 150
juta.
No comments:
Post a Comment